Polda Metro Jaya Bekuk Pelaku Pencurian Bermodus Ucapan Duka Cita

RaMe – Polisi menangkap pelaku penipuan berkedok ucapan duka cita di salah satu surat kabar. Pria bernama Sudirman Abdulkadir ini bertugas menerima uang hasil tipu-tipu dari sindikat lainnya.

“Pelaku kami tangkap di rumahnya di kawasan Petojo Selatan, dini hari tadi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Kombes Pol Argo mengatakan, penangakapan terhadap Abdul merupakan pengembangan dari penangkapan pelaku lainnya. Modus yang digunakan pelaku adalah dengan mengaku sebagai pengurus dari Rumah Duka Jabar Agung yang memasukkan obituari orangtua korban ke salah satu harian media nasional.

“Tujuaannya, agar keluarga korban ini tahu kalau pihak rumah duka memasukkan nama almarhum orangtuanya di koran,” tambah Kombes pol Argo.

Kombes Pol Argo melanjutkan, korban kemudian ditelepon oleh salah satu pelaku lalu meminta bayaran sebesar Rp 40 juta. Pembayarannya dilakukan via transfer melalui rekening yang disediakan.

“Permintaan itu sempat dilakukan beberapa kali hingga akhirnya pelaku meminta uang lagi dengan dalih penambahan fasilitas,” ungkap Kombes Pol Argo.

Kombes Pol Argo melanjutkan pelaku lainnya yakni Dimang lantas mencairkan dana dengan cara diambil tunai kemudian memecahnya ke beberapa rekening.

“Setelah penelusuran, akhirnya kami berhasil menangkap pelaku , Aldy dan Abdul. Dengan barang bukti 68 lembar ATM dari berbagai bank,” ungkap Kombes Pol Argo.

Akibat perbutannya, para pelaku dijerat Pasal 378 tentang Penipuan dengan ancaman kurungan tujuh tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s